Taujih Pembukaan Semester 2 2017-2018 – Boarding School di Jogja

0

Setiap awal masuk sekolah setelah liburan, di salah satu Sekolah Islam Terpadu / Boarding School di Jogja ini senantiasa diadakan acara taujih pembukaan yang ditujukan kepada para santri Pondok Pesantren Modern Baitussalam Prambanan. Begitu pula pada hari pertama masuk semester 2 tahun pelajaran 2017-2018 ini yang bertepatan pada hari Jum’at, tanggal 5 bulan Januari 2018. Taujih disampaikan oleh Pimpinan PPM Baitussalam Boarding School di Sleman, yaitu Ustadz KH. Abdul Hakim.

Pelaksanaan taujih pembukaan ini ditujukan untuk mengorientasikan kembali para santri untuk menyesuaikan diri terhadap ritme aktivitas di pesantren, baik secara jiwa maupun raga. Agar para santri meluruskan niat dan tekad untuk menuntut ilmu dan melatih diri untuk menjadi lebih baik. Serta mempersiapkan mental untuk kembali beraktivitas lebih padat sesuai dengan pola kegiatan pesantren yang ada. Pemberian taujih pasca liburan di sekolah Islam berasrama di Jogja ini dirasa penting, karena selama liburan pasti telah terjadi penurunan kualitas aktivitas ibadah oleh para santri. Bisa jadi dalam sholatnya sering tidak tepat waktu, atau tidak berjama’ah, tilawah Al-Qur’annya merosot, muroja’ah hafalan yang kurang, banyak bermain termasuk bermain game, banyak melakukan aktivitas online di internet, dan lain sebagainya.

Acara taujih pembukaan dilaksanakan di lapangan upacara PPM Baitussalam Islamic Boarding School di Jogja serta diikuti oleh para guru dan santri dari tingkat SMP (SMP IT Baitussalam) dan SMA (SMA IT Baitussalam, baik putri maupun putra. Rangkaian acara diawali dengan pembukaan yang dibawakan oleh ustadz Indra Kurniawan, kemudian dilanjutkan tilawatil Qur’an oleh salah satu santri yaitu ananda Fahmi Sadad, dilanjutkan inti acara taujih oleh Pimpinan Pondok, kemudian diakhiri dengan pembacaan do’a oleh ustadz Ali Muhsin serta penutup. Acara kemudian disambung dengan prosesi jabat tangan antara santri dan guru serta antar santri.

Selepas acara jabat tangan, ada pengumuman agar para santri yang seragamnya tidak lengkap, serta potongan rambutnya tidak sesuai dengan aturan tetap tinggal di tempat. Beberapa santri terjaring dalam upaya pendisiplinan ini dan mendapatkan beberapa perlakuan yang diperlukan.

Kita berharap semoga acara di awal semester genap pada Boarding School di Jogja ini menjadi awal langkah kebaikan-kebaikan bagi guru maupun santri Pondok Pesantren Modern Baitussalam sehingga mendatangkan ridho dari Allah bagi diraihnya kesuksesan. Aamiin. [cah]

Share.

Leave A Reply