Baitussalam, Pesantren Modern Yogyakarta, Kembali Ikuti Cyber Skills Training

0

Pondok Pesantren Modern Yogyakarta, PPM. Baitussalam kembali utus salah satu admin website untuk mengikuti acara Cyber Skills Training gelombang 2. Acara ini dilaksanakan dalam rangka memfasilitasi anggota Forum Pesantren Alumni (FPA) Gontor untuk belajar bersama di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Pesantren Darunnajah Jakarta bekerjasama dengan Forum Pesantren Alumni (FPA) Gontor kembali menggelar pelatihan optimalisasi publikasi pesantren lewat internet. Pelatihan ini menjadi agenda rutin yang setiap tahun digelar Pesantren Darunnajah bersama dengan FPA Gontor.

Tahun ini pelatihan digelar tiga gelombang. Gelombang pertama sudah digelar pekan lalu, sedang pelatihan gelombang kedua digelar 10 – 13 Maret 2018. Selama pelatihan, para peserta akan menerima materi-materi menarik diantaranya; Membangun Sistem Publikasi Pesantren, Sharing Pengalaman Antar Lembaga, Photography, Operasional Website, Internet Marketing, Pemberitaan yang Efektif di Era Digital, Cinematography, Cyber Security Control di Lembaga Pendidikan dan Membangun Sistem Data Pesantren.

Acara ini dihadiri oleh puluhan pesantren se-Indonesia termasuk Pondok Pesantren Modern Yogyakarta yaitu Baitussalam dan pondok alumni Gontor lainnya. Mulai dari pesantren yang ada di pulau Jawa, sampai yang ada di luar pulau Jawa ikut serta menghadiri acara ini. Bahkan ada juga lembaga yang mengutus Santriwan dan Santriwatinya untuk berpartisipasi dalam acara ini.

Pada saat pembukaan pelatihan Sabtu (10/3) yang lalu, para peserta disambut hangat oleh panitia. Setelah itu, dilanjutkan dengan pertemuan dan perkenalan yang diadakan di Gedung Baitul Wakif, yang disambut langsung oleh Drs. Musthofa Hadi Chirzin, beliau juga termasuk alumni Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor.
Setiap peserta mulai memperkenalkan diri dan lembaganya, sekaligus bercerita tentang keunikan dan keunggulannya masing-masing. Ada yang unggul dari segi tahfizhnya, bangunan, cuaca, santrinya sendiri yang memang unik, sampai ada yang mengatakan pesantren pemilik kamar mandi terpanjang didunia.

Hari Ahad (11/3/2018) Pembukaan acara Cyber Skills Training dibuka langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah, Dr. H. Sofwan Manaf, M.Si. Dalam pembukaannya, beliau berpesan kepada para peserta agar memaksimalkan dan benar-benar mencerna dengan baik seluruh materi yang nantinya disampaikan pada pelatihan ini. Karena seluruh materi yang disampaikan akan sangat bermanfaat dalam kemajuan Pondok Pesantren masing-masing. Terutama di bidang media dan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Pesantren dan Islam. Sehingga Pesantren dan Islam tidak lagi dipandang sebelah mata oleh sebagian pihak.

Para utusan pesantren yang mengikuti acara ini adalah mereka yang Pimpinan Pesantrennya adalah alumni Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor. Dengan adanya forum ini saluruh peserta dapat bertukar cerita, pengalaman, dan pengetahuan. Harapannya setelah pelatihan setiap utusan yang dikirimkan, bisa kembali mengadakan acara yang sama di lembaganya masing-masing.

Share.

Leave A Reply